Kamis, 25 Agustus 2011

Botulisme Bayi

Botulisme Bayi merupakan penyakit yang dapat terjadi ketika bayi terserang bakteri. Kondisi dapat membahayakan karena menyebabkan kelemahan otot dan masalah pernapasan. Tetapi penyakit ini sangat jarang terjadi: Kurang dari 100 kasus botulisme bayi terjadi setiap tahun di Amerika Serikat, dan kebanyakan bayi yang terserang botulisme dapat pulih sepenuhnya.

Botulisme bayi dapat terjadi jika anak menghirup spora bakteri Clostridium botulinum, yang dapat ditemukan dalam kotoran dan debu. Penyakit ini biasanya mempengaruhi bayi yang adalah antara 3 minggu dan 6 bulan. Bakteri ini biasanya tidak berbahaya untuk anak-anak dan orang dewasa yang lebih tua karena sistem pencernaan dewasa dapat memindahkan spora melalui tubuh sebelum mereka menimbulkan bahaya.

Tanda dan Gejala
Pernafasan berhenti atau lambat, tangisan lemah, kehilangan kontrol kepala.

Perawatan
Jka bayi terbukti terserang penyakit ini, perlu dirawat di rumah sakit selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Perawatan ditujukan untuk  memberikan gizi dan serrta perlindungan paru-paru. Kira-kira satu dari empat bayi yang terkena memerlukan ventilasi mekanis, baik antibiotik maupun antitoksin.

Tidak ada komentar: